5 Negara Tujuan Wisata Impianku di Belahan Bumi Lain

Mengunjungi negeri orang adalah satu impianku sejak kecil, bukan karena tidak bersyukur tinggal di dalam negeri sendiri tetapi karena ingin mengetahui kehidupan di belahan bumi lain. Apalagi bumi sebelah eropa timur yang jarang dijangkau media-media di Indonesia. 

Negara-negara mana aja sih yang ingin aku kunjungi? 

1. Russia
Copyright : @lvvtravel 

Sejak masa kanak-kanak, aku suka menggambar sebuah kastil dengan kubah setengah lingkaran tetapi diatasnya terdapat salib. Suatu ketika, gambar tersebut ketahuan oleh ibu, yang kemudian menyebabkan aku tidak pernah lagi menggambarnya. Tetapi ingatan tentang gambar itu sudah tercatat di dalam memoriku. Dengan keterbatasan informasi semasa remaja, aku tetap berusaha mencari negara tersebut melalui buku-buku di perpustakaan. 

Buku-buku tentang Russia tidak banyak beredar di negara ini, karena sebagian orang masih menganggap Russia itu komunis, komunis itu PKI 😂.
Padahal ideologi usang komunis sudah tidak relevan dengan jaman dan setelah adanya  "glasnot dan perestroika yang dicetuskan oleh Mikhail Gorbachev di tahun 1990" komunis sudah tidak digunakan lagi oleh Russia (yang dulu disebut Uni Soviet dan setelah glasnot- perestorika Uni soviet pun bubar, salah satu negara pecahan Uni Soviet ya ini Republik Federasi Russia). Seiring dengan perkembangan jaman, dimana google selalu diandalkan, maka mencari tau tentang Russia pun sangat mudah. 

Apalagi sejak piala dunia 2018 yang diadakan di Russia, tambah bikin ngiler ingin mengunjungi negara tersebut. Bukan hanya karena keindahan Kremlin, St.Petesrburg, Tatarstan atau Lapangan Merahnya, tetapi kehidupan di alam liar Siberia juga menarik untuk dikunjungi.


Ditambah dengan adanya kereta Trans Siberia yang menghubungkan Moskow dengan Beijing yang semakin membuat penasaran tentang Russia.


Sampai sekarang saya masih selalu melihat tentang Russia melalui akun media sosial RBTH (Russia Beyond The Headline)  yang berbahasa indonesia. 

2. Estonia
Wajah dari muka website estonia.com

Mungkin nama negara ini tidak sepopuler negara-negara lainnya di benua eropa. Negara kecil yang berbatasan dengan laut Baltik ini baru saja merdeka di tahun 90an setelah pecahnya Uni Soviet.
Sebagai negara kecil ternyata Estonia memiliki tingkat kepadatan yang rendah diantara negara-negara eropa. Bangunan-bangunan tua di kota Tallin, Estonia merupakan daya tarik utama bagiku untuk mengunjunginya. 

3. Rumania
Transilvania. Wikipedia

Negara yang terletak di semenanjung Balkan ini lebih dikenal dengan negara asal drakula. Bagaimana tidak, kastil drakula juga ditemukan di negara ini yaitu di kota Brasov yang merupakan perbatasan antara pegunungan Transilvania dan Wallacia.
Vlad Tepes III/Vlad Dracul seorang pahlawan nasional Rumania yang sering dianggap dracula. Foto : Wikipedia

Selain itu hal yang paling menarik bagiku adalah mengenal seorang pahlawan nasional Rumania bernama Vlad Tepes III (Vlad Dracul), yang sering dirumorkan oleh dunia barat sebagai tokoh antagonis drakula (apalagi ditambah membaca novelnya Bram Stroker yang berjudul Dracula). 
Foto : Visittransilvania.ro


4. Belanda
Foto : tribunnews.com

Negara yang memiliki kanal-kanal besar dengan bangunan tua ini memang sudah menjadi negara impian yang ingin aku kunjungi. Aku sangat ingin mengunjungi Tropenmuseum dan Leiden University karena disana banyak menyimpan manuskrip yang berhubungan dengan Indonesia.

5. Armenia
Kastil abad pertengahan di Armenia. Foto : podroze.onet.pl

Negara yang terakhir sukses membuatku penasaran adalah negara Armenia yang terletak di Asia Tengah. Berawal dari postingan om Hans(seorang teman berkebangsaan Belanda keturunan Armenia) mengenai silsilah keluarganya yang ternyata seorang saudagar kaya di Hindia Belanda semasa kolonial,  rasa penasaranku tentang negara ini sangat besar. Ditambah dengan banyaknya kastil-kastil abad pertengahan yang masih berdiri di Armenia yang sangat indah, sukses membuatku memasukkan nama negara ini dalam list negara-negara tujuan wisata impian.
Kalau mbak Sapti pengen ke negara mana aja nih sebagai tujuan wisata?

Author

Niken Nawang Sari Niken Nawang Sari From history, we learn. Cause writing is healing.

Posting Komentar

Keep in touch

Member of

Blogger Perempuan Kumpulan Emak-emak Blogger
Kompasianer Joga