Rabu, 19 Desember 2018

Beberapa Target Blogging di Tahun 2019


Copyright : Archies

Tidak terasa sebentar lagi sudah memasuki tahun 2019. Di penghujung tahun seperti sekarang ini adalah waktu yang tepat untuk menuliskan beberapa target yang ingin dicapai di tahun 2019.
Sebagai seorang blogger, aku punya beberapa target yang ingin dicapai di tahun 2019.

1. Memiliki Domain TLD
Sebenarnya di tahun 2017 aku pernah membeli domain tetapi asal beli saja tanpa mencari tau lebih dalam. Berbagai permasalahan akhirnya muncul karena ketidaktahuanku, seperti harus membeli domain plus hostingnya. Ditambah lagi kantor yang menjual domain tersebut pelayanannya tidak profesional, salah satunya saat aku sudah membayar tidak ada progress apapun dengan domain yang aku beli selama 1 minggu. Jadi kebayang dong keselnya harus cari tau kesana kesini dan komplain ke kantor tersebut tapi responnya lambat.
Belajar dari kesalahan tersebut, tahun depan aku akan lebih berhati-hati dalam memilih tempat untuk membeli domain.

2. Mengoptimalkan Blog
Jujur saja aku belum terlalu paham tentang utak atik blog. Pada dasarnya aku memang tidak terlalu menyukai utak-atik blog karena makan waktu lama. Tetapi sebagai blogger, mau tidak mau aku harus bisa mengutak-atik blog. Pengalaman memasang google analytics saja sudah cukup makan waktu yang lama dan itupun karena diberi tahu oleh mbak Riana, blogger jogja.
Nah di tahun depan, aku ingin menghabiskan sebagian besar me time-ku untuk mengoptimalkan blog, salah satunya yaitu belajar SEO. Alasannya karena blog merupakan investasi masa depan.

3. Lebih Rajin Menulis Artikel
Target blogging selanjutnya adalah aku ingin lebih rajin lagi dalam menulis artikel di blog daripada tahun 2018 ini. Kan sayang kalau blognya sudah TLD tapi jarang menelurkan sebuah artikel.

4. Kualitas artikel yang diposting di blog harus lebih baik lagi daripada tahun ini. Iya dong semakin sering menulis, semakin banyak belajar memilih kata-kata jadi artikelnya harus semakin baik daripada sekarang.

5. Menyelesaikan Artikel Tentang Pura Pakualaman.
Ya target besarku di tahun depan adalah bisa posting artikel lengkap tentang Pura Pakualaman. Sebenarnya kerangka artikel sudah ada di draft, tetapi aku kesulitan untuk mengumpulkan data-data tentang Pura Pakualaman. Kesulitannya karena waktu yang terbatas untuk mencari data, jadi sampai sekarang masih mengumpulkan data-data dulu.
Alasanku ingin menulis tentang Pura Pakualaman juga karena salah satu nenekku lahir tahun 1939 di wilayah milik kerajaan ini yaitu Kabupaten Adikarta. Tidak etis rasanya jika tidak mengenal sejarah tanah kelahiran nenekku yang merupakan wilayah milik Pura Pakualaman pada masa sebelum kemerdekaan.
Apalagi sekarang aku tergabung dalam komunitas Sesaba Adikarta yang mempunyai tagline menguak potensi sejarah Kulon Progo. Sejarah tentang Kulon Progo sendiri sangat minim, tidak banyak yang tau bahwa sebelum merdeka Kulon Progo merupakan milik dari 2 kerajaan. Hal itu yang mendorongku untuk menulis artikel tentang Pura Pakualaman yang tentunya berhubungan dengan sejarah Kulon Progo.

Beberapa target lain masih ada di dalam listku tetapi tidak berhubungan dengan blogging. Jadi cukup itu saja target bloggingku untuk tahun depan. Kita berencana tapi Tuhan yang menentukan, begitupun dengan target. Yang paling penting adalah terus berjuang untuk mencapai target di tahun depan.

Para Kucing Ibu yang (Mungkin) Sudah di Surga

Salah satu kucing ibu yang meninggal karena tulang tengkoraknya bonyok.  Dokpri Hidupku rasanya tidak pernah jauh dari hewan berbul...